Bisnis menguntungkan dengan modal kecil selalu dicari, entah dikala sibuk maupun diwaktu senggang. Ide bisnis tersebut bisa berbasis investasi juga usaha, sifatnya sebagai pencarian pokok ataupun sekedar sampingan. Investasi itu sendiri dapat diartikan dengan penumpukan aset dengan nilai tambah dari waktu ke waktu. Sedangkan modal kecil pengertiannya sangat relative tergantung pada kemampuan individu, bagi orang berpenghasilan 50 juta per bulan modal usaha 10 juta termasuk modal kecil, sebaliknya bagi kita berpenghasilan dibawah 5 juta perbulan tentu 10 juta itu termasuk modal usaha besar.

Untuk melanjutkan artikel ini tentu kita membutuhkan tentang skala modal kecil, oleh karena itu kita akan menetapkan bahwa modal dibawah 5 juta termasuk usaha modal kecil (base ke pendapatan perkapita saat ini). Dengan demikian kita dapat mengklasifikasikan investasi menguntungkan dengan modal kecil (dibawah 5 juta). Berikut beberapa diantaranya:

Investasi emas.

Dari zaman dahulu kala hingga saat ini emas masih merupakan bentuk investasi paling diminati dengan resiko kecil. Dengan modal 5 juta rupiah kita tetap bisa menjalankan investasi berkebun emas di pegadaian yang saat ini cukup banyak dilakukan. Silahkan cari literatur tentang berkebun emas sudah banyak dishare orang di FB atau dalam bentk artikel online.

Investasi reksa dana.

Saat ini cukup banyak pihak penjual reksa dana yang menawarkan reksadana dengan modal dibawah 5 juta. Namun perlu berhati-hati dalam memilih manajer investasi ketika ingin membuka reksa dana. Pelajari juga tentang reksa dana tersebut dari segala aspek seluk beluk dan resikonya.

Untuk investasi modal kecil yang menguntungkan memang tidak banyak pilihan, berbeda halnya jika kita berbicara usaha menguntungkan dengan modal kecil, dimana puluha bahkan ratusan jenis usaha modal kecil yag terbukti profitable, diantaranya:

Jual beli pulsa elektrik.

Terlihat sepele dan lawas namun jual beli pulsa masih termasuk bisnis yang menguntungkan dengan modal kecil. Jaman memang telah berubah, teknologi gadged/ ponsel berkembang pesat tapi tetap saja harus membeli pulsa agar bisa dioperasikan. Konter banyak yang tutup (gulung tikar), tapi banyak juga yang baru buka. Untuk bisnis seperti ini memang butuh kesabaran. Usaha jual beli pulsaelektrik dapat dibuka dengan modal dibawah 1 juta sekalipun. Tapi perlu diingat, jika anda ingin cepat kaya dengan modal kecil tidak akan berhasil melalui bisnis ini.

Usaha cuci motor dan helm.

Termasuk bisnis yg menguntungkan dengan modal kecil, pertambahan jumlah kendaraan roda dua begitu pesat tidak sebanding dengan pertambahan jasa cuci motor. Khususnya di kota-kota besar kerap kali kita dapati antrian panjang pada jasa cuci motor. “Antrian” menandakan masih terbukanya peluang usaha sejenis dapat dibuka di daerah tersebut. Jasa cucian motor sudah dapat dibuka dan dijalankan dengan baik dengan modal dibawah 5 juta.

Usaha ternak puyuh

usaha ternak modal kecil
Jangan sepele dengan burung kecil ini, jika anda seorang ibu rumah tangga pasti tahu persis kalau harga telur puyuh cukup tinggi. Budidaya puyuh termasuk ternak yg menguntungkan dengan modal kecil, kita bisa membuka ternak skala kecil di belakang rumah dengan modal hanya 5 juta rupiah (populasi 100 ekor). Untuk memulai usaha ini silahkan lihat artikel tentang ternak puyuh di sini.

Itulah beberapa bisnis paling menguntungkan dengan modal kecil yang terlintas di benak author saat ini, dilain kesempatan akan dibahas unit-unit usaha secara rinci sehingga lebih mudah dipahami teknis membuka usaha tersebut dengan keterbasan modal sekalipun. Mari berbagi pengalaman dan diskusi melalui form komentar tulisan ini, semoga bermanfaat.

Labels: , ,

ditulis pada oleh hubungi via Contact Author

Beri komentar Bisnis: Investasi menguntungkan dengan modal kecil


komentar Bisnis: Investasi menguntungkan dengan modal kecil